MPM Lazismu Kampanyekan Hidup Sehat di Komunitas Pemulung

05/21/2019

Resmikan tempat cuci tangan “Padasan Mariko”, MPM Lazismu kampanyekan hidup sehat di komunitas pemulung.
Tempat pembuangan sampah terpadu TPST ini kegiatan pemberdayaan majelis pemberayaan masyarakat (MPM) PP Muhammadiyah juga berlangsung untuk mendampingi para pemulung.
Implementasi konkretnya tertuang dalam kampanye Perilaku Hiup Bersih dan Sehat (PHBS) yang dilakukan MPM bersama Lazismu dengan peresmian “Padasan Mardiko” atau tempat cuci tangan bagi kelompok pemulung dampingan MPM. Makaryo Adi Ngayogyakarto (Mardiko).
Padasan mardiko menjadi titik kumpul bagi para pemulung untuk mempraktekan PHBS. Isela aktifitas memulung yang mereka lakukan Muhammad Nurul Yamin. Ketua MPM PP Muhammadiyah mengatakan ada padasan tempat cuci tangan setidaknya sebagai jawaban atas pola hidup sehat pemulung.
“Permasalah di kelompok pemulung dengan kesehatan karena lingkungan mereka merupakan masalah yang akut dan kronis, hadirnya padasan ini setidaknya menjadi solusi atas permasalah tersebut,” ungkap Yamin.
Sehingga kampanye PHBS bagi kelompok terpinggirkan seperti pemulung bukan sekedar jargon, tapi menjadi aksi nyata dalam menjaga kesehatan pemulung ini. Ia juga berharap perhatian yang diberikan oleh MPM bisa memicu pihak lain untuk ikut serta memberikan perhatian terhadap kesehatan kelompok marginal lainnya.