Lembaga Amil Zakat Lazismu Lazis Muhammadiyah Yang mengelola Zakat Infaq dan Shodaqoh secara amanah, dan terpercaya. Menerima Zakat dan donasi Anda - PEMBANGUNAN PESANTREN ASRAMA SANTRI PUTRA MBS KUTOREJO

Pembangunan saat ini tidak bisa dilanjutkan. Sayang aja sih, karena mereka semangat belajarnya tinggi. Takutnya jika tidak didukung fasilitas yang memadai semangatnya akan pudar.

PEMBANGUNAN PESANTREN ASRAMA SANTRI PUTRA MBS KUTOREJO

Lokasi Donasi Seluruh Indonesia
Lokasi Donasi Seluruh Indonesia
Lokasi Donasi Seluruh Indonesia

Sampai dengan Telah selesai sejak 09 January 2021



Bantu sebarkan program ini melalui sosial media

Pembangunan saat ini tidak bisa dilanjutkan. Sayang aja sih, karena mereka semangat belajarnya tinggi. Takutnya jika tidak didukung fasilitas yang memadai semangatnya akan pudar.

Pesantren ini bernama Pondok Pesantren MBS (Muhammadiyah Boarding School) berlokasi di Desa Windurejo, Kecamatan Kutorejo, Kabupaten Mojokerto. Pesantren ini berdiri mulai tahun 2018. Bermula dari warga yang jika hendak ke masjid jaraknya cukup jauh, akhirnya didirikan Masjid MBS sekaligus Pesantren. Yang mendirikan adalah Pimpinan Daerah Muhammadiyah Kabupaten Mojokerto. Diawali dengan 7 orang santri hingga kini menjadi 23 santri putra dan putri. Alhamdulillah, banyak perlombaan yang dimenangkan. Di antaranya menjuarai tahfidz Al-Quran tingkat Kabupaten Mojokerto (Juara 2 dan Harapan 1), dan Juara 2 & 3 Tahfidz Al-Quran di Sunrise Mall. Serta Juara 2 lomba puisi tingkat Kabupaten Mojokerto.


Masyarakat di sini kerjanya serabutan, mulai dari petani, sopir, hingga buruh. Penghasilannya pun tidak menentu berkisar 500 ribu sampai 1 juta sebulan. Saya ingin anak saya paham ilmu agama, tapi saya tidak mampu jika harus membiayai ke pesantren. Alhamdulillah di MBS ada kegiatan Diniyah, sehingga anak saya bisa belajar tanpa harus menetap di pondok. Terang Bu Tiwi - warga sekitar yang kesehariannya menjadi buruh kerupuk. Diniyah adalah suatu kegiatan belajar-mengajar tanpa harus bermukim/menetap di pondok.


Kendalanya sendiri cukup banyak. Di MBS ini belum memiliki penjaga sehingga harus bergantian shift untuk jaga di beberapa titik pintu keluar. Dulu tahun 2018 hanya ada 2 lokal yang digunakan asrama santri putra dan putri, dan dipisahkan dengan tembok ruangan saja. Alhamdulillah seiring berjalannya waktu sudah bisa membangun asrama santri putri sendiri. Saya optimis pondok semakin maju, asrama putri sudah terbangun dan sekarang yang saya khawatirkan tahun depan tidak bisa membuka pendaftaran santri putra, dikarenakan asramanya sudah penuh, sudah tidak cukup lagi ditempati. Dampaknya pesantren ini sulit berkembang. Ujar Ustadz Cholis Pengajar di MBS.


Banyak mobil ke MBS, melihat kondisi sekitar. Orang tua yang ingin mencarikan pesantren anaknya. Tapi setelah tahu kondisi asramanya, mereka pamit dan tidak kembali lagi. Apalagi saat ini pembangunan harus dihentikan sementara karena kekurangan biaya.


Kita sering ke rumah-rumah desa untuk meminta bantuan sedekah. Bahkan Ustadz pengajar harus ikut keliling untuk mengambil donasi. Sejauh ini, masih belum banyak yang menjadi donatur untuk pengembangan MBS. Bahkan seringkali ustadz, ustadzah harus merelakan sebagian gajinya dipotong karena defisitnya biaya operasional pondok.


Pembangunan saat ini tidak bisa dilanjutkan. Sayang aja sih, karena mereka semangat belajarnya tinggi. Takutnya jika tidak didukung fasilitas yang memadai semangatnya akan pudar. Sedangkan untuk tetap beroperasi secara optimal dari segi biaya operasional, idealnya pondok mengelola 40 orang santri, namun kapasitas kamar hanya mampu menampung 20 orang santri sehingga biaya seringkali defisit. Oleh karena itu, membangun asrama baru ini menjadi solusi agar MBS tetap dapat berjalan optimal.

berapapun donasi yang sobat berikan untuk pembangunan Pesantfren Asrama Santri Putra MBS Kutorejo sangat amat berarti.. 

Ayo donasi dengan cara:

1. Klik tombol “DONASI SEKARANG” 

2. Masukan nominal donasi 

3. Pilih metode pembayaran

 

Sosial media terkait program

Logo Matahatimu.org

Matahatimu.org