Korban Tragedi Kemanusiaan Wamena Menangis Ingin Pulang Programs | matahatimu.org
Tragedi kemanusiaan yang tidak terduga terjadi di Wamena, Papua. Kerukunan terkoyak dengan adanya rusuh yang mernegut jiwa, harta dan rasa persaudaraan. Puluhan meninggal dan ribuan mengungsi. Kini mereka butuh uluran tangan kita.

DETAIL

BERITA

PENCAIRAN DANA

LAZISMU PUSAT || 2019-09-30 07:25:14

Korban Tragedi Kemanusiaan Wamena Menangis Ingin Pulang

Misri Astuti, warga Pesisir Selatan, Sumatra Barat yang tinggal di Wamena tampak terisak menceritakan kejadian yang baru di alaminya. "Kami sudah tidak sanggup lagi bertahan di Wamena. Ungsikan kami ke kampung halaman," ujarnya sambil terisak.

Catatan terakhir, ada Ribuan warga seperti Misri saat ini mengungsi di lokasi yang terpisah, ada yang di Polres, Kodim, masjid, gereja dan bandara TNI AU di Wamena. Mereka menunggu dengan penuh harap nasib mereka selanjutnya.

Aliran pengungsi terjadi ke kota-kota di Papua yang lebih aman, ada yang di bawa ke Sentani dan Jayapura. 

Nasib anak-anak dan jompo lebih mengenaskan lagi, cadangan makanan mulai menipis. Apalagi harta yang mereka miliki saat ini sudah habis terbakar bersama tempat tinggal dan usaha mereka.

Menurut informasi, saat ini ada dua kali penerbangan ke Bandara di Wamena yang menuju ke lokasi pengungsian yang lebih aman menggunakan Hercules. Sekali terbang bisa mengangkut 300-400 orang pengungsi. Dan dari Sentani bisa membawa bantuan logistik dan personel keamanan tambahan. Kembalinya membawa pengungsi. Saat ini prioritas pengangkutan pengungsi adalah anak-anak, orangtua dan korban luka

Bantuan bisa di drop untuk pengungsi yang berada di Wamena melalui Sentani atau di berikan untuk pengungsi yang sudah ada di Sentani.

Informasi awal per tanggal 23 September 2019 ada 30 orang tewas, 75 orang luka-luka, puluhan bangunan rumah dan perkantoran hangus terbakar termasuk kantor bupati.

Ada 5000 lebih warga yang terdampak masih mengungsi di berbagai lokasi.

Saat ini bantuan yang dibutuhkan adalah dana untuk membeli berbagai kebutuhan pokok pengungsi seperti: Pakaian, Makanan, Air Minum, Alat Mandi, Selimut/sarung, Pakaian Dalam Wanita dan Pria, Pakaian Bayi dan obat-obatan.

Mari bantu para pengungsi korban krisis kemanusiaan ini dengan cara:

1. Klik Donasi Sekarang

2. Isi data dan jumlah donasi

3. Lakukan transfer sesuai petunjuk

4. Dapat notifikasi melaui SMS dan email

atau bisa langsung transfer ke

- Mandiri 1230 099 008 999

- BNI Syariah 0091 539 444

an. Lazis Muhammadiyah

Sertakan kode transfer "053" contoh: Rp. 1.000.053

Bantuan juga dapat dilakukan dengan membagikan info ini agar lebih banyak yang peduli.

Tanggal Pencairan Dana